Dulu, memang cukup tinggi. Namun, kini sudah tersedia wallpaper dinding yang harganya lebih murah. Bahkan, anda salah jika beranggapan memasang wallpaper dinding lebih mahal dibanding memakai cat dinding biasa. Dari segi keawetan, wallpaper dinding jauh lebih tahan lama dibanding cat.

Wallpaper dinding bisa bertahan hingga 3-8 tahun. Paling sebentar, wallpaper dinding bisa bertahan 3 tahun. sementara itu, cat dinding hanya mampu bertahan 2 tahun. jika mau dicat ulang, dinding harus dibersihkan dari cat lama dengan cara di amplas atau dikerok. Dengan demikian, biaya yang anda keluarkan menjadi lebih besar.

Selain menambah pekerjaan, pengguna cat akan membuat ruangan kotor, berdebu, dan berbau. Hal ini tentu saja berbanding terbalik jika anda menggunakan wallpaper dinding. Pemasangan wallpaper dinding bisa selesai dalam satu hari dan yang pasti tidak berbau. Dengan demikian, memasang wallpaper dinding lebih praktis dibanding cat.

Dibanding cat, harga wallpaper dinding memang terkesan lebih mahal. Yaitu, sekitar Rp 30.000 hingga ratusan ribu permeter. Jika hanya menilik harga, wallpaper dinding memang terkesan lebih mahal dibanding cat. Namun, wallpaper dinding memiliki fungsi lain yang tidak dimiliki oleh cat dinding biasa. Yaitu, mampu menutupi retak – retak rambut di dinding serta bisa menutupi permukaan dinding yang tidak rata.

Wallpaper dinding memiliki banyak corak yang sangat bervariasi. Warna dan desainnya lebih menarik. Mulai dari dengan warna polos, corak simple seperti garis dan lengkung. Atau corak lain seperti corak bunga, polkadot, bahkan ada pula wallpaper dinding yang dapat bercahaya saat gelap atau glow in the dark. Dari segi harga, bedanya tidak terlalu signifikan dibanding dengan harga cat tembok. Tetapi, kesan yang ditampilkan lebih baik dibanding cat tembok yang cenderung monoton.

Corak-corak rumit yang ditawarkan wallpaper dinding tidak bisa dihasilkan bila Anda menggunakan cat tembok. Itulah salah satu alasan dipilihnya wallpaper dinding. Beragamnya pilihan corak dan warna juga memudahkan dinding rumah disesuaikan dengan konsep rumah secara keseluruhan, sehingga bisa dirasakan tema rumah yang terasa lebih hidup. Kesan lain yang ditawarkan oleh wallpaper dinding adalah kesan modern, kreatif, dan elegan.